Membeli Sesuatu ditoko online Shopee dengan Label Star/Star+
Sekira 8 tahun saya menjadi pelanggan aplikasi jual beli online shopee, sebagai pembeli. Jika sebagai pedagang mungkin aktifnya dimulai 2019 akhir.
Belanja online dishopee sebagai pembeli untuk barang-barang sehari-hari, seperti sabun mandi, alat elektronik dan belakangan ini saya sering membeli kebutuhan untuk pelengkapan toko seperti lakban, dus, atau bahkan printilan lainnya.
Karena prinsip yang saya coba pegang dapat uang online diusahakan sebagiannya dibelanjakan online lagi.
Saya memenuhi kebutuhan lakban sudah menetap disatu toko sejak lama. Dari harga murah sampai kemarin naik, tetap beli disitu. Karena tokonya menghargai saya sebagai pembeli yang sudah sering belanja ditoko online nya.
Atau juga saya langganan untuk kebutuhan plastik polimailer serta kresek. Sama, sudah RO berulangkali sejak 2025 kemarin hingga sekarang.
Tipikal pembelian saya normal saja. Ga ribet, tidak sering tanya kapan dikirim paketnya ke kurir.
Tapi, ketika ada satu toko yang saya pesan dan belum dikirim setelah lebih dari 24 jam. Pasti saya mengajukan pembatalan.
Saya membeli ditoko dengan label star atau star plus. Karena mungkin saya juga sebagai seller, tahu bagaimana kerja keras untuk mendapatkan label star dan star plus tersebut.
Sangat disayangkan jika ada toko dengan label star atau star plus membiarkan pesanan tidak dikirim lebih dari 24 jam ke kurir.
Apakah shopee tidak mempertimbangkan untuk memasukkan satu kriteria khusus untuk mendapatkan label star atau star plus pada sebuah toko.
Toko dengan label star dan star plus diwajibkan mengirim pesanan pembeli dalam rentang waktu 24 jam sejak pesanan dibuat pembeli. Melebihi batas waktu dengan kuota yang dianggap wajar maka label star atau star plusnya dicabut.
Shopee harus mempertimbangkan hal tersebut karena jika pembeli sudah tidak percaya dengan label star dan star plus karena penjual seenak udelnya kirim paket ke kurir tanpa batas waktu yang jelas, bahkan saya berpengalaman ketika membeli produk disatu toko, penjual tidak jua mengirim paket dan luar biasanya tanpa ada chat ke saya selaku pembeli hanya sekedar meminta maaf karena satu dan lain hal paket belum dikirim ke kurir.
Penting agar shopee mempertimbangkan hal tersebut diatas agar toko shopee yang berlabel star dan star plus tidak ikut tercemar oleh toko yang seenak udel kirim paket ke kurir. Bukankah hal tersebut dalam jangka panjang ataupun pendek akan menghilangkan kepercayaan pembeli pada shopee dan pastinya sudah jelas akan menghilangkan kepercayaan pada toko yang dimaksud.
Semoga shopee membaca masukan ini dari pelanggan Anda sejak 8 tahun sebagai pembeli diaplikasi oren ini.
Jika masukan ini dianggap kritikan tanpa mendasar, sudah fix, bahwa shopee hanya platform yang mengejar keuntungan semata, tanpa mau mendengar dan memperbaiki diri. Yang akan merugikan para penjual dishopee secara jangka pendek maupun panjang.
Terima kasih.
Salam satu langit

Komentar
Posting Komentar